Mengenal Pendidikan Jarak Jauh Universitas Indonesia

Mengapa PJJ?

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas unggulan di Indonesia. UI memiliki banyak pakar dari berbagai disiplin ilmu yang tersebar di 14 Fakultas dan 1 Program Vokasi. Selain itu, UI juga telah menghasilkan berbagai inovasi model pembelajaran pada masing‐masing disiplin ilmu. Pada sisi yang lain, di Indonesia masih terdapat universitas‐universitas yang tidak memiliki pakar di bidang ilmu tertentu namun dibutuhkan guna pengembangan akademik di masing‐masing universitas. Kondisi ini menempatkan UI berperan dalam berbagi kepakaran dan hasil‐hasil penelitian melalui pendidikan jarak jauh (PJJ).

Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sarana penunjang proses pembelajaran. Penggunaan TIK dalam proses pembelajaran akan menjadikan proses pembelajaran tersebut berbasis e‐learning. Saat ini penggunaan e‐learning sebagai media pembelajaran baik dalam skala internasional maupun lokal di Universitas Indonesia, mengalami peningkatan dengan pesat. Universitas Indonesia melalui unit Pelayanan Pengembangan Sumber daya Pembelajaran (PPSP) telah memfasilitasi perkuliahan e‐learning melalui layanan dan fasilitas yang memenuhi standar penjaminan mutu e‐learning Universitas Indonesia.

Dengan menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), Universitas Indonesia diharapkan dapat mengoptimalkan layanan Pendidikan Tinggi kepada kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka dan reguler dengan mempermudah akses pembelajaran & sumber belajar sehingga dapat dijangkau oleh peserta didik di seluruh Indonesia.

Manfaat

  1. Memperluas akses pendidikan.
  2. Interaksi tetap dapat berlangsung dengan memanfaatkan TIK meskipun pendidik dan peserta didik terpisah secara geografis.
  3. Keberagaman media materi ajar yang dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.
  4. Aktivitas belajar disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik.
  5. Peserta didik dapat belajar secara mandiri.
  6. Koleksi mata ajar yang semakin kaya.

Program PJJ UI dapat berupa:

  1. Perolehan kredit
    Peserta didik mengikuti salah satu mata kuliah program Pendidikan Jarak Jauh yang tersedia di Universitas Indonesia. Peserta didik hanya mengikuti perkuliahan mata kuliah tersebut dan memperoleh kredit akademik sesuai dengan jumlah SKS mata kuliah yang bersangkutan.
  2. Kuliah bersama
    Universitas Indonesia menyelenggarakan suatu kuliah bersama dengan Universitas lain melalui Pendidikan Jarak Jauh berdasarkan prinsip berbagi sumber daya. Peserta didik mendapat penilaian hasil belajar dari Universitas masing‐masing.
  3. Program bergelar
    Peserta didik mengikuti perkuliahan pada suatu program studi yang menyelenggarakan program pendidikan jarak jauh di Universitas Indonesia secara penuh dan mendapat ijazah dari Universitas Indonesia

Referensi dalam Penyelenggaraan PJJ di Universitas Indonesia

Permendikbud No. 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi

Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan PPJ UI

Pedoman Penjaminan Mutu Penyelenggaraan PJJ UI